Pemeriksaan Asam Urat

Dalam mengatasi asam urat juga dapat dilakukan suatu pemeriksaan asam urat pada dokter ahli. Pemeriksaan ini dilakukan dengan 3 cara untuk mendiagnosis asam urat atau gout yakni pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, dan pemeriksaan radiologi, berikut penjelasan secara rinci diantaranya :

1. Pemeriksaan fisik

Rasa nyeri pada penderita asam urat dirasa datang secara tiba-tiba dan lokasinya spesifik. Rasa nyeri ini pun sering muncul pada tengah malam, menjelang dini hari.

Bengkak adalah salah satu ciri dari proses peradangan sendi. Pada dasarnya yang dinamakan radang atau inflamasi adalah proses radang yang terjadi pada jaringan tubuh kita.

Ciri umum dari proses peradangan atau inflamasi adalah :

- Bengkak merah

Bengkak adalah respon kekebalan tubuh untuk melawan benda asing yang masuk. Bengkak bisa terjadi di mana saja.

- Rasa nyeri dan sulit digerakkan

Nyeri khas gout : mendadak, muncul tanpa terbentur atau terkilir, lokasi yang khas. Ditambah apabila memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit gout.

Gambar bagian tubuh yang mudah terserang asam urat

Merupakan tanda umum dari proses peradangan sendi yang termasuk dalam penyakit gout. Namun untuk membedakan penyakit asam urat atau gout dengan penyakit lain, yang paling mudah diamati adalah waktu, sebab, dan lokasi bengak tersebut.

Kita patut curiga menderita gout bila mengalami radang dengan memenuhi 3 kriteria berikut, yaitu :

- Serangan asam urat muncul mendadak atau tiba-tiba.
- Muncul tanpa menimbulkan kesan trauma seperti terbentur atau terkilir
- Lokasinya spesifik pada sendi-sendi yang sering kali terserang gout.

Yang dapat dimasukkan sebagai kriteria lain dalam mendukung diagnosis gout adalah usia, jenis kelamin, dan riwayat keluarga. Pada rentang usia 30-45 tahun, laki-laki dan ada keluarga yang menderita gout merupakan faktor tambahan. Pada tahap ini, seseorang tidak akan merasa terserang gout karena memang tidak ada gejala sama sekali.

Namun, seiring semakin bertumpuknya asam urat dalam cairan sendi, semakin besar peluang seseorang menderita gout stadium lanjut yang dapat merusak struktur di persendian. Contohnya saja kalau sudah terbentuk tofus pada stadium gout kronis. Tofus yakni benjolan-benjolan pada persendian yang diakibatkan karena penumpukan kristal asam urat. Tofus memiliki sifat dengan kerja yang perlahan merusak dan menggerogoti sendi sehingga bisa saja muncul gout tanpa didahului rasa nyeri.

2. Pemeriksaan Laboratoris

Sebenarnya dari beberapa hasil pemeriksaan ciri khas gout, baik dari keluhan (symphtoms). Dengan melakukan pemeriksaan darah dilaboratorium untuk mengetahui ada tidaknya hiperurisemia. Dengan mengetahui kadar asam urart dalam darah, kita dapat mencegah gout sebelum terserang. Kalaupun telah terserang, pengobatannya pun akan menjadi lebih fokus. Namun apabila kadar asam uratnya melebihi batas normal dan terlanjur menumpuk dalam sendi. Dalam kondisi demikian, justru yang harus diperiksakan adalah kadar asam urat dalam cairan sendi, bukan kadar asam urat dalam darah.

3. Pemeriksaan rutin penting untuk mencegah serangan gout

Apabila sudah memahami gout terjadi karena asam urat yang terlalu banyak dalam darah sehingga merembes masuk, hal yang perlu dilakukan adalah mengeluarkan asam urat berlebih keluar dalam tubuh melalui pembuangan urine, inilah yang dimaksud dengan terapi pencegahan. Inilah tujuan utama dari pemeriksaan diri sebelum terserang gout.

Selain pemeriksaan kadar asam urat darah, juga bisa diperiksa dengan BUN ( blood urea nitrogen ), serum kreatinin, dan urine tampung 24 jam untuk mengetahui kadar asam urat dan kreatinin dalam urine. Kadar asam urat dan urine berguna untuk terapi pencegahan. Adapun urine tampung 24 jam penting untuk mengetahui seseorang termasuk yang banyak membuang asam urat (hiperekskresi) atau bukan.

Hasil laboratorium dengan pemeriksaan asam urat dan urine 24 jam, ditemukan hasil sebagai berikut :

- rata-rata volume urine per hari orang dewasa = 1,4 lt.
- kadar asam urat 0,6 gr
- ion bikarbonat 1,2 gr
- kratinin 2,7 gr
- ion potasium 3,2 gr
- ion sodium 4,1 gr
- ion klorida 6,6 gr
- dan urea 25,5 gr.


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri, TERBUKTI Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Terapi Asam Urat and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Pemeriksaan Asam Urat

  1. Saya merinding baca artikel ini, jadi takut nih, jgn sampai kena asam urat..infonya sangat bermamfaat. saya suka. Mu tanya nih? kenpa jika kena rematik atau asam urat tidk boleh makan sayur bnyak2 ya? salam knal buat yg punya site….ditunggu kunjungan baliknya…thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>